Inovasi Pendidikan
USAID Indonesia Inovasi Pendidikan DBE Indonesia
 HOME:HALAMAN UTAMA
  Berita DBE3 EDISI 10
 Berita Dari Lapangan
 Mengenai Kami
 100 Kunjungan Terakhir
  

  
 Login
  
Login:
Pass:
Register?
  

 Berita Utama

Halaman 4 


Atmosfir pembelajaran di MTsN Rengel, Tuban memberdayakan peran aktif siswa dengan difasilitasi secara penuh oleh madrasah.

Standar Proses dan Standar Penilaian Akreditasi MTsN Rengel Sempurna

KABAR gembira diterima dari Kabupaten Tuban. MTsN Rengel, salah satu sekolah mitra DBE3 di kabupaten ini mendapatkan pencapaian yang luar biasa berkait prestasinya di bidang pembelajaran. Pada akreditasi yang dilakukan oleh Badan Akreditasi Provinsi Sekolah/Madrasah, madrasah ini mendapatkan nilai akumulatif 97. Sebuah angka yang mendekati sempurna. Sungguh luar biasa.

Bahkan pada item Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan, nilai yang didapat oleh madrasah ini adalah sempurna alias 100. Menurut Kasi Mapenda Kantor Kemenag Kabupaten Tuban Drs.H.M Badar, M.Ag yang pada saat penilaian dilakukan masih menjabat sebagai kepala madrasah, bahwa kontribusi DBE3 terhadap pencapaian prestasi ini amatlah besar, terutama pada item Standar Proses dan Standar Penilaian Pendidikan. Pada dua item ini, hal yang dinilai diantaranya adalah kelengkapan mengajar termasuk silabus, RPP, media pembelajaran, proses pembelajaran hingga hasil akhirnya berupa nilai ulangan dan nilai ujian sangat meningkat dibanding sebelumnya.

"DBE3 telah membawa perubahan yang luar biasa di madrasah ini. Sejak bermitra dengan DBE3, semangat guru-guru untuk terus melakukan inovasi pembelajaran di kelas meningkat tajam. Akibatnya semangat belajar siswa jugameningkat sehingga hal ini tentu saja berpengaruh pada prestasi sekolah yang juga ikut meningkat," ujarnya.

Hasil akreditasi MTsN Rengel.


MTsN Model Pasir Sukarayat Inisiatif Gelar Showcase

MTsN Model Pasir Sukarayat, Rangkasbitung, Lebak, Banten membuktikan dampak positif DBE3 di madrasahnya. Mereka berinisiatif mengadakan Showcase Sekolah pada tanggal 23 Maret 2011. Event ini mengusung nama DBE3 dalam Unjuk Hasil Prestasi MTsN. Showcase sekolah tersebut berisi kegiatan pemajangan hasil karya siswa dan guru di seluruh kelas dan presentasi kepala madrasah dan guru-guru yang telah dilatih oleh DBE3 mengenai keberhasilan dan hambatan yang dialami selama ini.

Temuan hasil kreativitas guru dan siswa juga menyemarakkan pameran, seperti Neraca Pegas dengan bahan dasar karet dan kardus yang menghasilkan ukuran yang sesuai dengan Neraca Pegas pabrikan, pembuatan Jam Air menggunakan bahan-bahan yang terjangkau dan menentukan lingkaran dengan kulit jeruk. Drumband madrasah juga ikut memeriahkan acara. Meski hujan turun cukup deras, showcase yang lumayan menggebrak ini tetap berjalan meriah. MTsN Model memamerkan seluruh good practices. Acara ini dikunjungi oleh para guru dan murid sekolah di sekitarnya.

Kepala sekolah SMPN 2 yang ikut mengunjungi acara showcase tersebut sangat mendukung acara ini. Sebagai bukti keefektifan paket BTL3, event ini menjadi ajang pemenuhan tagihan-tagihan pasca training BTL3 di Lebak. "Sekitar 95% dari 6 tagihan BTL3 dapat dilihat keberhasilannya di madrasah ini secara lengkap," kata Abdus Subhan dan Nurlaelati DF Lebak. Showcase ini menggunakan dana mandiri madrasah.

Berbagai karya siswa yang dipamerkan pada acara showcase.

 Inovasi Pendidikan: Media Komunikasi SMP dan MTs

Edisi 10/Mei 2011