Inovasi Pendidikan
USAID Indonesia Inovasi Pendidikan DBE Indonesia
 HOME:HALAMAN UTAMA
  Berita DBE3 EDISI 7
 Berita Dari Lapangan
 Mengenai Kami
 100 Kunjungan Terakhir
  

  
 Login
  
Login:
Pass:
Register?
  

 Berita Dari Provinsi

Halaman 7 


Dana Replikasi di APBD

SEKRETARIS DAERAH Kabupaten Tapanuli Utara (Taput), Drs. Sanggam Hutagalung, MM dalam pembukaan lokakarya keberhasilan DBE3, meminta Dinas Pendidikan menyusun program untuk menindaklanjuti program DBE3. Menurut Pak Hutagalung, guru-guru yang dilatih DBE3 memberikan manfaat bagi Taput. Lebih lanjut Pak Hutagalung meminta Dinas Pendidikan menyusun rencana kerja minimal 5 tahun untuk memaksimalkan pemanfaatan guru-guru yang dilatih DBE3 itu.

Sekda, Sanggam Hutagalung, MM bersama DR. Tagor Pangaribuan, Dekan FKIP Nommensen mengunjungi stand pameran pendidikan sekolah mitra DBE 3 di Kabupaten Tapanuli Utara.

Lokakarya berlangsung pada Selasa, 4 Mei 2010 di Balai Data, Tarutung. Sepuluh sekolah mitra seantero Taput memamerkan perubahan praktik pembelajaran. Dalam sesi kunjungan sekolah, Pak Hutagalung melakukan diskusi dengan siswa SMPN 1 Tarutung. Dalam diskusi itu Pak Hutagalung menanyakan tentang hasil karya siswa. Menurut siswa, karya yang ada di sekolah dibuat oleh mereka sendiri. Dalam sesi presentasi narasumber, siswa SMPN 1 Siborong-borong melakukan wawancara dengan Dekan FKIP Universitas Nommensen, DR. Tagor Pangaribuan.

Wawancara itu berlangsung dengan menggunakan bahasa Inggris. Siswa yang diwawancarai menunjukkan kemampuannya dalam berbahasa Inggris. Hal itu menunjukkan dampak positif perubahan praktik pembelajaran untuk mendorong kepercayaan diri siswa. Lokakaya ditutup dengan harapan agar pemerintah menyebarluaskan keberhasilan program DBE3. Demi melakukan hal tersebut, dinas pendidikan telah mengangarkan dana dalam APBD sebagai biaya replikasi dan diseminasi.



Lokakarya Keberhasilan DBE 3 Menuai Dukungan

LOKAKARYA keberhasilan program DBE 3 yang diselenggarakan di kabupaten mitra Provinsi Sumatera Utara menuai banyak dukungan. Pemerintah dan DPRD yang menjadi bagian dalam program lokakarya tersebut mendukung program DBE 3. Ketua DPRD Dairi, Delphi Masdiana Ujung, SH, M.Si, berulang-ulang menyampaikan apresiasinya pada DBE 3 setelah melihat presentasi pak Gultom dari SMPN 1 Sumbul Dairi yang kerap membuat inovasi pembelajaran.

Pak Gultom adalah satu narasumber yang dihadirkan DBE3 dalam lokakarya yang diselenggarakan di Balai Budaya, Sidikalang (12/6). DPRD dan Pemeritah Kabupaten berkomitmen untuk menyebarluaskan keberhasilan yang sudah dicapai DBE3. Jika pemerintah mengalokasikan dalam APBD, kami akan menyetujuinya, kata pak Dephi Ketua DPRD Dairi.

Hearing dengan DPRD

Lokakarya di Binjai Senin (3/5) dibuka secara resmi oleh Walikota Binjai, Ali Umri, SH. Sebagai langkah nyata dukungan pemangku kepentingan di Kota Binjai atas program DBE3, DBE3 diundang Komisi C DPRD Kota Binjai untuk melakukan dengar pendapat (hearing) (10/5) . Dengar pendapat diikuti juga oleh dinas Pendidikan, sekolah mitra DBE3 dan utusan dari Kementerian Agama Kota Binjai. Hasilnya, komisi C sangat mengapreasiasi dan meng-harapkan praktik-praktik baik (good practices) dapat disebarluaskan ke sekolah lain yang ada di kota Binjai. Sebagai tindaklanjut, DPRD, Diknas, Depag dan DBE3 akan duduk bersama untuk membahas langkah teknisnya.

Walikota Binjai melihat langsung pameran pendidikan DBE 3.

Perubahan Praktik Pembeljaran

Di Tapanuli Selatan, lokakarya berlangsung di MAN 2 Padangsidempuan, Tapanuli Selatan, Kamis (6/5). Peserta diajak berkunjung ke sekolah dan mendengarkan presentasi narasumber. Di sekolah, peserta lokakarya melihat secara langsung praktik pembelajaran aktif. Siswa tidak sekadar duduk berkelompok, tapi secara aktif menyampaikan gagasannya. Guru tidak bertindak sebagai sumber pengetahuan tunggal, namun memposisikan diri sebagai fasilitator.

 Inovasi Pendidikan: Media Komunikasi SMP dan MTs

Edisi 7/Agustus 2010