Inovasi Pendidikan
USAID Indonesia Inovasi Pendidikan DBE Indonesia
 HOME:HALAMAN UTAMA
  Berita DBE3 EDISI 8
 Berita Dari Lapangan
 Mengenai Kami
 100 Kunjungan Terakhir
  

  
 Login
  
Login:
Pass:
Register?
  

No.8
November 2010

Inovasi Pendidikan
Media Komunikasi SMP dan MTs


Peserta TOT BTL 4 sedang melakukan diskusi MGMP di sekolah setelah praktik mengajar. Mereka mengidentifikasi keberhasilan pemecahan masalah yang dirancang sebelumnya.

BTL 4 Perkaya Ide Kegiatan MGMP

PAKET Pengajaran Profesional dan Pembelajaran Bermakna 4 atau BTL4, melatih guru dalam mengkaji pemecahan masalah penerapan pembelajaran aktif di kelas. Pendekatan yang dipakai menekankan pentingnya kerjasama kelompok sesama guru mata pelajaran. Karena itu, paket ini memberikan pengayaan ide dan kegiatan berdaya guna untuk mengaktifkan kegiatan peningkatan mutu pembelajaran melalui forum MGMP. Peserta dilatih mengenali secara mendalam berbagai masalah dalam penerapan BTL di sekolah dan menemukan cara-cara memecahkannya secara tepat.

Dalam mengidentifikasi dan memecahkan masalah, peserta diajak untuk melakukannya dengan cara bekerjasama seperti pola "lesson study" sederhana. Kegiatan yang dilakukan dengan bekerjasama ini akan menjadi modal dasar untuk mengembangkan kegiatan-kegiatan di daerah dalam rangka peningkatan profesionalisme guru melalui kegiatan MGMP. Berdasarkan pemecahan masalah yang telah disepakati bersama, peserta melakukan ujicoba tindakan di kelas untuk mengetahui secara pasti ketepatan pemecahannya. Berita lainnya tentang pelaksanaan TOT BTL4 dapat dilihat pada halaman 2.

Dampak Meluas, Replikasi jadi Primadona

Pembelajaran aktif yang bermakna semakin meluas, permintaan replikasi BTL juga semakin banyak.

DAMPAK Program DBE3 telah dirasakan langsung di sekolah mitra. Siswa aktif belajar secara berkelompok dan karya siswa tampak di semua kelas untuk mengapresiasi kreativitas siswa. Sekolah dan madrasah nonmitra banyak yang menginginkan replikasi program DBE3. Dengan biaya sendiri SMP dan MTs ikut berlatih membudayakan pembelajaran aktif yang bermakna. Berita keberhasilan sekolah yang melakukan perubahan dan program replikasi menjadi topik utama pada halaman utama dan beriita dari provinsi.


Kepala SMP/MTs Analisis Kebutuhan Belajar Mapel

<

Para kepala SMP/MTs bekerjasama mengidentifikasi kebutuhan pembelajaran setiap mapel pada pelatihan 'Peran KS dalam Mendukung Keberhasilan Pembelajaran Aktif'.

PADA pelatihan BTL 4 ada sesi khusus untuk pelatihan kepala sekolah. Paran KS, PS, pejabat dari Kemendiknas dan Kemenag kabupaten dan provinsi kepala sekolah mitra DBE3 mengidentifikasi dukungan yang perlu diberikan kepala sekolah, utamanya pada pengalokasian anggaran agar terwujud keberhasilan pembelajaran aktif. Fakta-fakta dukungan yang diberikan untuk keberhasilan pembelajaran aktif, seperti kebutuhan setiap guru mapel, kebutuhan khusus untuk pembina ekstrakurikuler, dan khusus untuk staf.

"Pelatihan ini memberikan gambaran nyata proses yang seharusnya terjadi di kelas," urai Drs. Zulkifli Kepala SMPN 1 Patumbak Deli Serdang Sumut yang terkesan dengan proses pelatihan yang mendorong seluruh peserta untuk aktif. "Kami siap mendukung kebutuhan sekolah untuk keberhasilan pembelajaran aktif," kata Drs. Kasniady, M.Pd Kabid SMP Kemendiknas Kabupaten Soppeng yang terlibat aktif dalam pelatihan di Palopo Sulsel.

Kunjungi website kami di
www.inovasipendidikan.net